KPK bekerja sama dengan Ikapi untuk meluncurkan program ‘Indonesia Membumi’. Dari program ini, KPK menyebarkan semangat antikorupsi ke masyarakat.

Indonesia Membumi, kependekan dari Indonesia Menggagas Buku Melawan Korupsi. Sebanyak 36 penerbit anggota Ikapi terlibat kerja sama dengan KPK dalam memproduksi 167 judul buku.

Peluncuran program ini dilangsungkan di salah satu acara Indonesia International Book Fair (IIBF) 2016, yang digelar di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (28/92016).

“KPK perlu banyak teman. Tidak mungkin melakukan pemberantasan korupsi sendirian. Kita melihat di negara kita, semangat kita kurang pada pemberantasan korupsi, begitu merajalelanya korupsi di negara kita,” ujar Ketua KPK Agus Rahardjo dalam sambutannya di acara ini.

Agus mengatakan selama ini banyak terjadi korupsi di sejumlah sektor. Dia berharap dengan adanya kerjasama dan program Indonesia Membumi ini, angka korupsi bisa ditekan.

“Diharapkan korupsi berkurang. Empat puluh persen persen pelayanan kesehatan itu untuk pembelian obat, padahal di negara lain 17 persen, maka dari itu perlunya perbaikan sistem distribusi,” ujar Agus.

Agus juga mengingatkan, agar buku-buku ini diproduksi dengan tarif sebagaimana mestinya. Produksi buki, kata dia, selama ini juga menjadi ladang korupsi.

“Selain memasukan konsep anti korupsi, disebutkan mengenai bagaimana kita bisa jujur, itu yang harus diterapkan kepada anak-anak. Alhamdulillah, dengan kerjasama ini, mudah-mudahan memberikan dampak kepada anak-anak yang membaca,” ujar Agus.

sumber: http://news.detik.com/berita/d-3308890/indonesia-membumi-cara-kpk-sebarkan-semangat-antikorupsi-lewat-buku

Leave a Reply