JAKARTA – Pusjatan Jalan dan Jembatan menggelar acara bertajuk “Joint Planning Session On Peat Ground” pada Selasa (1/3). Acara ini dihadiri delegasi Civil Engineering Research Institute For Cold Region (CERI) dari Jepang dan peneliti geoteknik dari Pusjatan.

Acara ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang ditandatangani antara CERI Jepang dan Pusjatan pada tahun 2014 untuk melakukan penelitian bersama dalam bidang tanah gambut.

Kepala Balai Geoteknik Jalan Pusjatan, Rudy Febrijanto dalam sambutannya menuturkan, acara ini dapat menjadi momentum pertukaran informasi, hasil riset, dan pengalaman dalam mencari solusi terhadap permasalahan tanah gambut di Indonesia dan Jepang.

Peneliti senior dari Pusjatan, Eddie Sunaryo memaparkan bahwa 10% dari total luas area Indonesia adalah lahan gambut, terutama di Kalimantan dan Sumatera. “Tanah gambut ini menjadi masalah pada saat akan dilakukan konstruksi jalan dan jembatan, ataupun pada konstruksi yang eksisting,” papar Eddie lebih lanjut.

Hadir pula dalam acara, Kepala Bidang Renwas BBPJN VII, Refly Tangkere yang memaparkan jaringan jalan nasional Kalimantan yang melintasi kawasan lahan gambut. Refly menjelaskan, badan jalan terdiri dari timbunan dan perkerasan flexible pavement atau rigid ditempat tertentu, dilengkapi saluran selokan di kedua sisi badan jalan. Lebih lanjut Refly menerangkan, “Untuk lokasi lahan gambut yang sangat dalam, dapat dibangun pile slab dan penggunaan PVD untuk mempercepat konsolidasi.”

Peneliti senior CERI Jepang, Hirochika Hayashi mengungkapkan bahwa tipe gambut di Hokkaido serupa dengan di Indonesia, sehingga ada peluang besar teknologi untuk mengatasi tanah gambut di Jepang dapat diterapkan di Indonesia.

Dalam acara ini juga disusun road map kerjasama yang baru untuk tahun 2016-2019. Kepala Bidang Standardisasi dan Kerjasama Pusjatan, Nyoman Suaryana menuturkan kerjasama antara Pusjatan dan CERI Jepang ini diharapkan dapat bermanfaat bagi kedua instansi dan kedua negara pada umumnya dalam mengatasi permasalahan tanah gambut. (#stankernews03)

Sumber: http://pusjatan.pu.go.id/index.php/en/latest-news/item/441-kerjasama-pusjatan-%E2%80%93-jepang-dalam-penelitian-tanah-gambut

Leave a Reply