Pengusaha Nasional (UKM) mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, Pengusaha Nasional (UKM) juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan.

Berdasar pada Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, pengembangan UMKMK perlu mendapatkan perhatian yang besar baik dari pemerintah maupun masyarakat agar dapat berkembang lebih kompetitif bersama pelaku ekonomi lainnya. Salah satu upaya untuk mendorong dan memperkuat kelemahan dan keterbatasan yang dihadapi UMKMK adalah dengan meningkatkan ketrampilan dan managerial serta memfasilitasi UMKMK nasional dengan usaha besar baik yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri melalui kerangka kemitraan investasi dan kegiatan yang menunjang upaya tersebut adalah kegiatan pelatihan kewirausahaan. Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan perwujudan dari paradigma baru dalam era reformasi saat ini, diharapkannya investasi akan lebih diprakasai oleh pelaku-pelaku usaha kecil serta partisipasi dan peranan pengusaha kecil, menengah dan koperasi dalam pembangunan ekonomi perlu ditingkatkan. Upaya ini merupakan langkah strategis dalam rangka menciptakan penyebaran pilar-pilar usaha baik antar sektor maupun antar wilayah.

Oleh karena itu melalui pelaksanaan program pemberdayaan usaha dapat lebih meningkatkan partisipasi dan peran UKM sebagai pilar usaha dengan pengusaha besar yang berperan sebagai lokomotif dalam percaturan ekonomi global.

Pelatihan Peningkatan Kemampuan Kewirausahaan UMKMK Tahun 2015 diselenggarakan di 6 Provinsi. Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari di masing masing Provinsi.

  • Provinsi Kalimantan Utara
    Swiss Bel Hotel Tarakan, 4-5 Agustus 2015
  • Provinsi Sulawesi Barat
    D’maleo Hotel & Convention Mamuju, 19-20 Agustus 2015
  • Provinsi Papua
    Swissbel Hotel papua, 25-26 Agustus 2015
  • Provinsi Kepulauan Riau
    Pacific Palace Hotel, Batam, 27-28 Oktober 2015
  • Provinsi Maluku Utara
    Bela International Hotel Ternate, 5-6 November 2015
  • Provinsi Bali
    Bali, 19-20 November 2015

Leave a Reply