Jakarta – Kementerian Pariwisata untuk pertama kalinya berpartisipasi pada Singapore MICE Forum (SMF) dan Asia Meeting & Incentive Travel Exchange (AMITE) 2016 yang diadakan di Singapura, pada tanggal 25 hingga 29 Juli 2016. Tahun ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraan SMF dan AMITE, yang menghadirkan industri-industri yang bergerak dalam bidang MICE dari seluruh dunia baik dari Asia Pasifik, Eropa, maupun Amerika Utara. Peserta kegiatan ini adalah buyer dan supplier dari hotel, resort, venue, convention dan exhibition center, cruise line, tour operator, spa, DMC, dan lain-lain. Bagi Kemenpar, strategi ini bukanlah hal yang baru. Post tour bekerjasama dengan event di Singapura ini sudah pernah dilakukan pada saat ITB Asia 2015 lalu.

Tidak hanya menunjukkan potensi, keindahan alam dan budaya yang dimiliki Jakarta dan Bali, tapi tujuan utama fam trip ini adalah untuk mempromosikan Jakarta dan Bali sebagai MICE destination. MICE merupakan salah satu bidang yang memiliki efek besar dalam mendatangkan wisatawan karena mereka biasanya terdiri dari decision-maker, datang dalam jumlah yang besar, big-spender, length of stay tinggi, media coverage luas, dan juga memberikan multiplier effects untuk industry lainnya. Oleh karena itu, MICE sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai penyumbang pajak dan devisa yang besar untuk negara

Kementerian Pariwisata melalui Bidang Perjalanan Wisata Pengenalan Pasar Asia Tenggara melihat peluang yang ada di SMF dan AMITE mengingat Singapura merupakan hub di Asia Tenggara, dengan mengadakan post tour untuk para hosted buyer peserta SMF dan AMITE 2016. Sebanyak 40 buyer yang telah melakukan registrasi sebelumnya akan mengikuti program fam trip dengan destinasi Jakarta dan Bali. Setiap destinasi akan diikuti oleh 20 orang perwakilan perusahaan.

Selama 4 hari, peserta fam trip akan melakukan kegiatan seperti convention center inspection, hotel inspection, dan mengunjungi destinasi wisata yang ada di daerah tersebut. Selain itu, peserta juga akan menikmati kuliner khas di daerah tujuan dan pertunjukan seni tradisional.

Dengan menggarap wisata MICE, Kementerian Pariwisata makin yakin bisa menggaet makin banyak lagi wisman yang datang melalui pintu Singapura. Tercatat dari bulan Januari hingga April tahun ini, ada 200.000 pergerakan wisatawan internasional ke Jakarta dan 360.000 wisman ke Bali. Dengan memanfaatkan Singapura sebagai hub di Asia Tenggara dan tingginya frekuensi direct flight dari Singapura ke Jakarta dan Bali, Kemenpar yakin akan lebih banyak wisatawan yang dapat digiring ke Indonesia.

283 Thoughts on “Post Tour SMF – AMITE 2016”

Leave a Reply